Perangkat Lunak Utility

Perangkat lunak utilitas merupakan perangkat lunak komputer yang didisain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah komputer ataupun sistem. Perangkat lunak utilitas harus dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai hal dengan komputer seperti mengetik, melakukan permainan, merancang gambar, dan lain-lain. Perangkat lunak utilitas lebih memfokuskan penggunaannya pada pengoptimasian fungsi dari infrastruktur yang terdapat dalam sebuah komputer. Karena fungsinya, perangkat lunak utilitas umumnya tidak ditujukan untuk pengguna secara umum, melainkan ditujukan untuk pengguna yang memiliki pemahaman atas cara kerja sistem komputer yang cukup baik.

FUNGSI PROGRAM UTILTAS

Fungsi-fungsi program utilitas terutama dalam hal ini  program utilitas bawaan adalah mengelola file, melihat gamabar, menjaga akses dari akses yang tidak diinginkan, menghapus program, memindai disk , mendegfragenter disk, mendiagnosis masalah, membackup file dan disk serta mengatur screen server.

Utility software yaitu:
Perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility.

Utility software
Utility software secara umum digunakan untuk mendukung, meningkatkan program-program dalam sebuah sistem komputer. Banyak OS sudah memiliki utility program di dalamnya untuk tujuan umum seperti mengkopi isi sebuah disk ke disk lain. Beberapa contoh utility program adalah: Screen saver, Data Recovery, Backup, Virus protection, Data compression, Memory management, Defragmentation dan lain – lain

*Utility adalah kegunaan.
*Program Utility adalah program-program (dalam hal ini pada Windows) yang memiliki kegunaan yang besar untuk berbagai macam kebutuhan

Program Utility ada yang internal (bawaan dari Windows), ada yang eksternal (program lain)

UTILITY INTERNAL
* Utility internal adalah utility yang sudah ada pada Windows kita, secara default sudah terinstall pada saat kita selesai menginstall Windows.
* Contoh : Notepad (untuk menulis), Wordpad (untuk menulis), Windows Media Player (multimedia), Games, Calculator, Paint (menggambar) dan lain-lain.
* Program Utiliy internal yang sangat penting bagi Windows adalah DEFRAG.
* Manfaat Defrag:

– Mengatur kembali tata-letak file-file yang rusak/kacau karena penghapusan dan penulisan.
– Menghapus jejak file yang tidak hilang pada saat penghapusan.

Defrag perlu dilakukan secara teratur untuk dalam waktu mungkin 1-2 minggu sekali.

Utility internal banyak terdapat di Control Panel, misalnya fonts, add remove, printer, system dan lain-lain

Perlu diperhatikan startup programs

UTILITY EXTERNAL
Utility External adalah utility yang bukan bawan Windows, harus menginstall terlebih dahulu.
Macam-macam Utility External:

* Antivirus

Antivirus adalah program untuk menscan, menghapus, dan berjaga-jaga dari serangan virus. Program ini akan selalu berjalan di background/tray icon jika diaktifkan. Antivirus sangat penting bagi Windows.
Contoh Antivirus : McAfee, Norton, AntiVir, Panda, AVG, dan lain-lain.

* Burning (Pembakar CD)
Jika kita punya CD-RW ROM atau DVD-RW ROM, kita bisa membakar (burn) CD kita, sehingga dapat digunakan menyimpan data.
Contoh : Ahead Nero 6

* Cleaning System
Digunakan untuk membersihkan file-file, registri,
Internet files yang rusak.
Cleaning System sangat diperlukan.
Contoh : RegCleaner, JvPowerTools, Norton System Works.

* Multimedia
Multimedia adalah software yang mampu mengolah gambar dan
suara. Contoh : Winamp, PowerDVD, WinDVD, Windows
Media Player, ACDSee, QuickTime.

* Office dan Internet
Office contoh : Microsoft Office (Word, Power Point, Excel, Access), yang gratis OpenOffice.
Internet contoh : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape, Opera.
Untuk chatting : MiRC, BitchX.
Untuk messenger : Yahoo Messenger, ICQ, MSN Messenger. Apa beda chatting dan messenger ?
Untuk file transfer : FTP, misal WS_FTP, CuteFTP.
Untuk download : Download Accelerator, IDM, FlashGet, RedGet

* Bidang Desain Grafis
Contoh : Paint, Adobe Photoshop, Corel,3DStudioMax, GIMP

* Bidang Desktop Programming
Contoh : Pascal, C, C++, Visual Studio,Visual Studio .NET, Java, Delphi.

*Bidang Web Programming & Design
Contoh : Dreamweaver, Flash, PHP, ASP,JSP, ASP.NET, Perl

* Software Game
Contoh PC game

* Software Connectivity
Contoh : Koneksi bluetooth, Koneksi FlashDisk/USB, IrDA.

Prinsip Menginstall Software :

– Pilih yang diperlukan saja, semakin banyak semakin berat beban komputer kita, hard disk aja dah penuh dengan …. malah nambahin software berat2x wiw bakal jadi apa tuh komputer.

– Hati-hati terhadap software yang kita download dari internet, terutama virus dan spyware.

– Sesuaikan dengan spesifikasi software yang akan kita install. (misalnya harddisk space, memori, VGA, soundcard)

– Pertimbangkan legalitas software, jangan membajak. heheh sebenernya sih gpp kan negara indonesia terkenal ma pembajak nya

Contoh perangkat lunak utility

Windows Media Player

wwwwwwwwwwwwwwwww

Windows Media Player adalah perangkat lunak pemutar musik, video dan gambar (foto) buatan Microsoft. Windows Media Player merupakan bagian dari platform Windows Media yang dikembangkan oleh Microsoft. Sesuai dengan namanya, Windows Media Player ditugaskan untuk melakukan operasi playbackterhadap berkas multimedia digital berformat Windows Media Format (WMA, WMV atau ASF), MPEG Audio Layer 3 (MP3), dan beberapa format multimedia digital lainnya. Bagian yang lainnya dari platform Windows Media, adalah Windows Media Services (dulunya dikenal dengan NetShow Server), yang bertugas untuk mengalirkan data multimedia digital dengan menggunakan teknologi multimedia streaming.

Versi terbaru Windows Media Player adalah Windows Media Player 12.

Sejarah Windows Media Player

Windows Media Player (disingkat WMP) adalah milik digital media player dan aplikasi media perpustakaan yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan untuk memainkan audio, video dan melihat gambar pada komputer pribadi yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows, serta pada Pocket PC dan Windows Mobile berbasis perangkat. Edisi Windows Media Player juga dirilis untuk Mac OS, Mac OS X dan Solaris, tetapi pengembangan tersebut sejak itu telah dihentikan.

Selain menjadi media player, Windows Media Player termasuk kemampuan untuk musik dan musik rip dari copy ke compact disc, membakar cakram direkam dalam format CD Audio atau sebagai data disc dengan playlist seperti CD MP3, mensinkronisasi konten dengan audio digital player (pemutar MP3) atau perangkat mobile lainnya, dan memungkinkan pengguna untuk membeli atau menyewa musik dari sejumlah toko musik online.

Windows Media Player menggantikan aplikasi sebelumnya bernama Media Player, menambahkan fitur di luar video sederhana atau pemutaran audio.

Windows Media Player 12 adalah versi terbaru Windows Media Player pada Juli 2009. Ini dirilis pada tanggal 22 Juli 2009 bersama dengan Windows 7 dan belum dirilis untuk versi sebelumnya dari Windows.

Windows Media Player 11 yang tersedia untuk Windows XP dan termasuk dalam Windows Vista dan Windows Server 2008. : hat: Format File default adalah Windows Media Video (WMV), Windows Media Audio (WMA), dan Advanced Systems Format (ASF), dan mendukung format XML sendiri berdasarkan playlist yang disebut Windows Playlist (WPL). Pemain juga dapat memanfaatkan layanan manajemen hak digital dalam bentuk Windows Media DRM.

Kegunaan dari Windows Media Player

Kegunaan dari Windows Media Player adalah untuk memutar music dan video, namun fungsi windows media player bisa juga digantikan oleh program yang lain, yang kegunaannya hampir sama dengan windows media player itu. Karena, tidak semua jenis file music/video dikenali oleh Windows Media Player, maka fungsi windows media player digantikan dengan software lain seperti Winamp. iTune, K-Lite, Gom, VLC dan lain-lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s